Bupati Nonjobkan Arif Sambudi, Hilman Gantikan Polres Tanjabbar Gelar Vaksinasi Massal Di Jajaran Polsek Muklis : Saya Sudah Rasakan Posisi Paling Bawah dan Buat Kopi Untuk Atasan Cabup Muklis Konsolidasi di Sejumlah Posko Relawan Masalah Sosial Dan Ekonomi Jadi Sasaran Utama Diselesaikan

Home / Covid 19

Jumat, 15 Mei 2020 - 23:43 WIB

Direktur Kemendes Berang, Pemkab Tanjabbar Tunda Penyaluran BLT Dana Desa

KUALATUNGKAL- Dana desa yang bersumber dari Kementerian Desa dan PDTT RI sudah memgeluarkan Permendes untuk penyaluran BLT dari dana desa sebesar Rp 600 ribu/ KK.

Untuk provinsi jambi sudah semua disalurkan BLT dana desa kepada masyarakat yang membutuhkan ditengah pandemi covid-19, hanya saja kabupaten tanjabbar yang belum mengizinkan kades kades untuk menyalurkan BLT dana desa kepada masyarakat dengan alasan menunggu data penerima harus berdasarkan surat keputusan bupati sebagai legalitas.

Menteri Desa, PDTT RI sudah mengeluarkan intruksi nomor 1 tahun 2020 tentang percepatan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa, dalam intruksi tersebut disebutkan sebelum tanggal 24 mei 2020 harus sudah disalurkan kepada masyarakat BLT Dana desa serta juga dalam pasal 47 A berbunyi akan memberikan sanksi kepada desa yang tidak menganggarkan dan tidak melaksanakan kegiatan BLT desa sebagaimana dimaksud dalam pasal 33A ayat (2), dikenakan sanksi berupa penghentian penyaluran dana desa tahap III tahun anggaran berjalan.

BACA JUGA  PCNU Tanjabbar Himbau Terapkan Social Distancing Dan Physical Distancing Memutus Mata Rantai Sebaran Covid 19

Direktur Sarpras Kemendes PDTT RI, H. Muklis,  sangat kesal atas tindakan pemkab tanjabbar yang menunda penyaluran BLT dana desa untuk masyarakat yang sangat membutuhkan dimasa pandemi covid-19.

” Dasar nya apa menunda, Menteri sudah mengeluarkan intruksi paling lambat tanggal 24 mei 2020 harus sudah disalurkan, tahu tidak akan ada sanksi jika tidak melaksanakan BLT dana desa, semua sudah menyalurkan BLT dana desa, kenapa tanjabbar belum, ” Ujar Muklis yang juga pernah menjabat Sekda Tanjabbar ini.

BACA JUGA  Kondisi Semakin Membaik, Tak Ada Daerah Yang Level 4

Terpisah Sekda tanjabbar Ir.H.Agus Sanusi mengatakan jika rencana awal pembagian BLT sejumlah kades di Minggu kedua Mei ini ditunda, karena penetapan penerima harus ditetapkan melalui keputusan bupati supaya legaliatas penyaluran.

” Iya, kades kemarin sudah siap membagikan BLT, namun kami tahan, karena data penerima harus berdasarkan surat keputusan bupati sebagai legalitas,” Ungkapnya

Sekda pun mengakui BLT dana desa dari Kemendes tidak akan disalurkan pada bulan ini

” Bulan mei ini seluruh penerima bantuan minus PKH dan BPNT sebanyak 20.362 KK penerima akan dibagikan sembako dari pemkab, ” tukasnya .(red)

Share :

Baca Juga

Covid 19

Kembali, Satgas Dan Relawan Semprot Disinfektan Disejumlah Titik

Covid 19

Penundaan BLT Dana Desa Oleh Pemkab Tanjabbar, Alamsyah : Takut Tidak Tepat Sasaran Atau Sasaran Tepat Kepentingan Pilkada ?

Covid 19

Dikasih Makan Tak Wajar, Pasien Positif Covid 19 Juga Pertanyakan Hasil Uji Swab

Covid 19

Isolasi Mandiri, Polres Tanjabbar Cek dan Beri Bantuan Sembako Pasien Terkonfirmasi Covid 19

Covid 19

Wajar Tenaga Medis Puskesmas Teriak Kekurangan APD dan Bahan Kesehatan Lainnya, Ini Alokasi Anggarannya.

Covid 19

Di Prediksi DPRD Tak Akan Mampu Batalkan Proyek Gedung Banggar

Covid 19

Dinas Perkim Tanjabbar Di Jatahi Rp 184 Juta Urus Pemakaman Covid.

Covid 19

Pasca Perkada Mendahului, Gapensi Pertanyakan Soal Kegiatan Fisik.