Bupati Nonjobkan Arif Sambudi, Hilman Gantikan Polres Tanjabbar Gelar Vaksinasi Massal Di Jajaran Polsek Muklis : Saya Sudah Rasakan Posisi Paling Bawah dan Buat Kopi Untuk Atasan Cabup Muklis Konsolidasi di Sejumlah Posko Relawan Masalah Sosial Dan Ekonomi Jadi Sasaran Utama Diselesaikan

Home / Pemerintahan

Selasa, 17 September 2019 - 22:01 WIB

Terkait Karhutla Ini Solusi Kedepan Muklis

KUALATUNGKAL- Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang merupakan isu nasional dan terjadi dibeberapa provinsi termasuk dikabupaten Tanjabbar. Akibat nya kabut asap yang pekat tak bisa dihindari lagi, pihak diknas pendidikan kabupaten tanjabbar beberapa kali mengeluarkan surat edaran untuk meliburkan anak sekolah karena dampat kabut asap yang dapat menyebabkan Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), sedangkan Indeks Standar Pencemar Udara ( Ispu) kategori tidak sehat.

Atas hal ini, Direktur Sarana Dan Prasarana Ditjen PPMD Kementerian Desa Dan PDT RI, H.Muklis, menyebutkan ada solusi jangka panjang agar Karhutla ditanjabbar kedepan nya bisa ditanggulangi dengan cepat. Adapun langkah awal kata Muklis, dengan melakukan pemetaan, terhadap lahan-lahan yang selalu terbakar.

BACA JUGA  Rangkaian HUT RI Dan Kabupaten, Pemkab Tanjabbar " Minta-Minta " Ke Perusahaan !

” Setelah itu kita bisa kondisikan pemanfaatannya untuk lahan-lahan yang diusahakan sebelumnya kita akan manfaatkan lahannya untuk pengembangan ekonomi masyarakat dengan menerbitkan regulasi terhadap lahan-lahan tidur yang dimiliki oleh perorangan maupun perusahaan, ” Ujar Muklis.

Selain itu, juga harus memperkuat sensitivitas sosial terhadap lingkungan dengan memberikan informasi-informasi yang terus menerus terhadap pengelolaan lingkungan dan pemanfaatan lahan.

BACA JUGA  Fraksi Tjb Bersatu Suarakan Pemakzulan Bupati Safrial

” Perlu dibentuk lembaga-lembaga sosial yang bertujuan memperkuat institusi sosial dalam pengelolaan lingkungan, ” Ungkap Muklis

Muklis menambahkan,perlunya diperkuat kantong-kantong air sebagai cadangan air yang akan digunakan untuk memadamkan kebakaran melalui pembangunan embung-embungĀ  sertap pompa-pompa air, “terangnya.

Lanjutnya, pemkab harus beraniĀ  melakukan koordinasi dengan BPN terhadap lahan lahan yang lebih dari 3 tahun tidak dimanfaatkan.

” Peranan pemkab sangat penting agar Karhutla ditanjabbar kedepannya dapat diantisipasi kan, kasihan masyarakat yang merasakan dampak kabut asap tersebut, ” tukasnya.(red)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Diduga Dana Siluman Rehab Rumdis Bupati Tanjabbar

Pemerintahan

Evaluasi Pengolahan Data Sarana Dan Prasarana, Ini Pesan Muklis

Pemerintahan

Serapan Anggaran APBD Jalan Nya Seperti “Kura Kura”

Pemerintahan

Rajiun Sebut Deposito Pemkab Bersipat Rahasia

Pemerintahan

Ketemu Bupati, HNSI Tanjabbar Bahas Soal Kesejahteraan Nelayan Dan Beri Dukungan Pilgub 2020.

Pemerintahan

Soal Mobnas Pimpinan DPRD Tanjabbar, Ini Kata H. Udin

Pemerintahan

DKP Provinsi Jambi Sebut Perda RZWP3K Belum Ada.

Pemerintahan

Asistensi BPKP Nilai RPJMD ” Berkah ” Tak Berkualitas !!