Bupati Nonjobkan Arif Sambudi, Hilman Gantikan Polres Tanjabbar Gelar Vaksinasi Massal Di Jajaran Polsek Muklis : Saya Sudah Rasakan Posisi Paling Bawah dan Buat Kopi Untuk Atasan Cabup Muklis Konsolidasi di Sejumlah Posko Relawan Masalah Sosial Dan Ekonomi Jadi Sasaran Utama Diselesaikan

Home / Pemerintahan

Rabu, 2 Juni 2021 - 09:00 WIB

Soal Sengketa Tapal Batas, Ini Saran Muklis ke Pemkab Tanjabbar

Muklis, Mantan Sekda Tanjabbar

Muklis, Mantan Sekda Tanjabbar

KUALATUNGKAL- Penyelesaian tapal batas yang diperebutkan antara kabupaten induk tanjabbar dengan kabupaten hasil pemekaran tanjab timur belum menemukan kata sepakat. Sengketa tapal batas didua kabupaten tersebut berada dikecamatan betara dan mendahara ulu.

Data yang dihimpun perebutan wilayah ini terindikasi soal 24 sumur migas petrochina, apabila ini bergeser dari wilayah tanjabbar maka kabupaten tanjabbar kehilangan kisaran 54 persen sumur migas dan akan berpengaruh pada Dana Bagi Hasil Migas yang rutin disalurkan ke tanjabbar, dari hasil yang disalurkan tahun 2020 maka nanti tanjabbar akan kehilangan sekitar Rp 51 miliar.

BACA JUGA  Rekom KASN Tak Kunjung Di Gubris, Ini Kata KASN

Mantan Sekda tanjabbar, Muklis menyebutkan bahwa penyelesaian itu pemkab mengambil langkah formal yang normatif sebab secara administrasi itu berada diwilayah tanjabbar.

” Ini ada kaitan nya dengan sumur migas petrochina, karena secara defakto selama ini hasil yang didapatkan disalurkan ke kabupaten tanjabbar, dan yang terpenting proses izin yang menjadi landasanya, itu ada semua di pemkab tanjabbar, ” Ujarnya via ponsel.(2/6)

BACA JUGA  Tak Berair, Perumahan Pemda Gersang

Selain itu kata Muklis, ada tiga langkah yang mesti dipersiapkan data administrasi, sosial dan ekonominya.

Kalau secara administrasi pemerintahan jelas ada indokatornya. Secara sosial bisa pakai hukum adat dan kecenderungan budaya masyarakat di sana, secarq teknis itu terkait proses tambang yang selama ini berjalan.

” Argumentasi nanti itu penyelesaian di Gubernur karena itu antar kabupaten, ya mesti disiapkan saja data formal yang dimiliki pemkab tanjabbar, ” tukasnya.(red)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

H.Muklis : Embung Untuk Tingkatkan Produksi Pertanian.

Pemerintahan

Bupati Tanjabbar ” SAKTI ” KASN Di Cueki

Pemerintahan

Pemilihan ASN Teladan Tanjabbar Miskin Inovasi

Pemerintahan

Rajiun : Hanya Penyidik Yang Boleh Buka Data Deposito APBD

Pemerintahan

Ditunjuk Kemendagri Jadi Narsum, Ini Kata Muklis

Pemerintahan

Proyek APBD Tanjabbar 2022 Diduga Di Monopoli Oknum Pengusaha Jambi

Pemerintahan

Di Muscab Gapensi, Bupati Disindir !

Pemerintahan

Baru Menjabat Sudah Diterpa Isu