Bupati Nonjobkan Arif Sambudi, Hilman Gantikan Polres Tanjabbar Gelar Vaksinasi Massal Di Jajaran Polsek Muklis : Saya Sudah Rasakan Posisi Paling Bawah dan Buat Kopi Untuk Atasan Cabup Muklis Konsolidasi di Sejumlah Posko Relawan Masalah Sosial Dan Ekonomi Jadi Sasaran Utama Diselesaikan

Home / Pemerintahan

Senin, 20 April 2020 - 09:04 WIB

Soal Rahasia Deposito APBD, Dewan Sebut Pemkab Pakai Gaya Orba

KUALATUNGKAL-  Soal deposito APBD yang dirahasiakan pemkab mencuat dan membuat wakil rakyat dari fraksi golkar DPRD Tanjabbar, Suprayogi Saiful angkat bicara, hal itu sama saja mengindikasikan gaya orba yang dipakai oleh pemkab tanjabbar.

Menurut Yogi sapaannya, bahwa statemen kepala BPKAD Rajiun Sitohang yang menyebutkan bahwa deposito itu bersipat rahasia dan hanya penyidik yang boleh tahu sangat tidak relevan dizaman keterbukaan seperti ini apalagi menyangkut uang rakyat.

” Sampaikan sama rajiun itu tidak kontekstual dalam rahasia jabatan, kita hanya ingin tahu bentuk transparansi keuangan publik, payung hukum nya UU otonomi daerah dalam bentuk Good Governance, ” Ujarnya. (20/04)

BACA JUGA  Soal Polemik Hutan Mangrove Muaro Seberang, Ini Penjelasan Pemkab

Dia menambahkan, dalam mengelola pemerinatah daerah harus transparan,  akuntabel, efetktivitas dan efesiensi. Jika ada bentuk rahasia rahasia soal keuangan daerah Itu mengindikasikan adanya penyelewengan keuangan negara yg wajib dicari kebenarannya.

  Karena modus modus seperti ini  sering dilakukan aparatur pemda menyimpan uang daerah di bank tertentu, diduga oknum ini memperoleh fee, komisi atau uang kopi dari pihak bank, ” tegasnya.

BACA JUGA  Terkait Instruksi Mentan, Yogie Saiful : Bupati Itu Harus Nya Pikirkan Jeritan Petani, Kurangi Kegiatan Seremonial !!

Selain itu maraknya modus operandi permainan bunga dari uang yg disimpan dibank tersebut diduga tidak disetor kerekening pemda, tetapi dijadikan milik pribadi, modus lain nya uang pemda yg tidak terpakai sampai akhir tahun diduga dimasukan kedalam rek pribadi dengan alasan akan digunakan untuk pembangunan tahun berikut nya.

” Sebab jika tidak demikian,sisa anggran tersebut harus dikembalikan ke kas negara atau daerah sementra pada tahun berikut nya, uang tersebut belum tentu diperoleh kembali, baik melaluin APBD maupun APBN, ” tukasnya.(red)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Janggal, Perbaikan Jaringan Pipa Lama Gunakan Dana ” Misterius” !!

Pemerintahan

Keras Kritik Air Bersih Di Sosmed, Seklur Tungkal III Di Buang Ke Seberang Kota

Pemerintahan

Jabat Adc Bupati, Honorer Ini Jadi Pengurus Partai Politik.

Pemerintahan

Soal Mobnas Pimpinan DPRD Tanjabbar, Ini Kata H. Udin

Pemerintahan

Janji Politik Anwar Sadat Soal Cetak Sawah 1000 Ha Dan Swasembada Beras ” Tong Kosong “

Pemerintahan

Bupati Doyan “DL”, HMI Beri Kritikan Pedas

Pemerintahan

Soal Sengketa Tapal Batas, Ini Saran Muklis ke Pemkab Tanjabbar

Pemerintahan

Tokoh Wilayah Ulu Ini, Ancam Polisikan Bupati Tanjabbar