Bupati Nonjobkan Arif Sambudi, Hilman Gantikan Polres Tanjabbar Gelar Vaksinasi Massal Di Jajaran Polsek Muklis : Saya Sudah Rasakan Posisi Paling Bawah dan Buat Kopi Untuk Atasan Cabup Muklis Konsolidasi di Sejumlah Posko Relawan Masalah Sosial Dan Ekonomi Jadi Sasaran Utama Diselesaikan

Home / Opini

Selasa, 9 April 2019 - 16:29 WIB

Opini Redaksi : Sungguh Mahal Harga Mu Jalan Lingkar Roro !!

KUALATUNGKAL-jAmbivalen.com- Niat dari pemkab tanjabbar yang membangun insfrastruktur jalan lingkar roro sepanjang 13 Km dengan lebar 10 meter perlu diapreasiasi, hanya saja kita dibuat berpikir keras untuk melihat suatu pekerjaan jalan yang hanya sepanjang 13 Km tersebut mesti menghabiskan anggaran sekitar Rp 80 miliar, dugaan mark Up terlihat sekali.

Pembangunan dimulai sejak tahun 2017 silam dengan digelontorkan dana dari APBD Kabupaten tanjabbar dari DAK sebesar Rp 26, 5 miliar tersebut sesuai dengan perencaaan awal sudah selesai dari tanah lokal ke perkerasan, namun ditengah jalan pekerjaan tersebut tidak sampai selesai dan hanya mampu diselesaikan oleh rekanan sepanjang 8, 5 Km dari yang direncanakan sepanjang 13 Km.

Dari angka tersebut dilakukan Contrak Change Order (CCO) oleh dinas PUPR Tanjabbar dan anggaran awal Rp 26,5 M diturunkan menjadi Rp 21 M dengan akumulasi penyelesaian pekerjaan 8,5 Km dari target 13 Km. Setelah dihitung hitung sisa yang belum untuk penyelesaian pekerasan jalan roro tersebut hanya sepanjang 4,5 Km, aneh nya ditahun 2018 dianggarkan untuk menyelesaikan kekurangan pekerjaan ditahun 2017 tersebut sebesar Rp 19,8 M. Apakah angka itu realistis untuk menyelesaikan kekurangan sepanjang 4,5 Km dengan anggaran Rp 19,8 M.

Untuk tahun 2019 ini kembali digelontorkan anggaran sebesar Rp 31 miliar dengan kegiatan pekerjaan peningkatan struktur jalan lingkar roro. Jadi untuk jalan roro tersebut bisa dikategorikan jalan super mahal di provinsi jambi. dengan anggaran kurang lebih selama 3 tahun menghabiskan sekitar Rp 80 miliar, sehingga untuk satu kilo meter pekerjaan tersebut akan menghabiskan Rp 6 miliar lebih, apakah itu realistis ???

Pada kenyataan nya sejak 2017 silam pekerjaan tersebut dikerjakan oleh rekanan AG, dengan memiliki temuan kelebihan pembayaran oleh BPK RI sebesar Rp 2,9 M, dan baru dikembalikan temuan tersebut hanya Rp 400 juta, ditahun 2018 kontraktor yang sama mengerjakan proyek tersebut hanya saja belum diketahui ada atau tidak temuan BPK karena masih menunggu audit BPK.

Ditahun 2019 ini sudah teranggarkan di APBD sebesar Rp 31 M apakah kontraktor yang sama akan mendapatkan pekerjaan super mahal tersebut, mari sama sama kita lihat yang tak lama lagi proyek jalan lingkar roro tersebut ditenderkan..

Salam Redaksi
Penulis : YORDAN
BACA JUGA  Masih Adakah Nepotisme Disekitar Anda ?

Share :

Baca Juga

Opini

Internet dan Kekerasan Seksual pada Anak: Bagaimana dan Harus Bagaimana?

Opini

Hilirisasi Berbasis SDA Di Provinsi Jambi

Opini

Pengangkatan Pejabat Berdasarkan Kekerabatan Penyakit Birokrasi !

Opini

Masih Adakah Nepotisme Disekitar Anda ?

Opini

Arah Baru PAN” atau Arah Tenggelam?

Opini

Kegaduhan Politik Balas Jasa Dan Balas Dendam

Opini

Yuliana Fasha

Opini

Terhempasnya Rasionalitas di Pusaran Politik Transaksional