Bupati Nonjobkan Arif Sambudi, Hilman Gantikan Polres Tanjabbar Gelar Vaksinasi Massal Di Jajaran Polsek Muklis : Saya Sudah Rasakan Posisi Paling Bawah dan Buat Kopi Untuk Atasan Cabup Muklis Konsolidasi di Sejumlah Posko Relawan Masalah Sosial Dan Ekonomi Jadi Sasaran Utama Diselesaikan

Home / Kemendagri

Selasa, 24 Mei 2022 - 06:37 WIB

Keadaan Membaik, Mendagri Himbau Tetap Waspada

Dirjen Bina Adwil Kemendagri, Safrizal ZA

Dirjen Bina Adwil Kemendagri, Safrizal ZA

JAKARTA-jAmbivalen.Com- Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian malam ini (23/05) menandatangai Instruksi Menteri Dalam Negeri terkait dengan perpanjangan PPKM yang dilaksanakan setiap 2 minggu sekali. Pengaturan PPKM Jawa Bali tertuang dalam Inmendagri Nomor 26 Tahun 2022, sedangkan untuk pengaturan PPKM Luar Jawa Bali tertuang dalam Inmendagri Nomor 27 Tahun 2022. Kedua inmendagri tersebut akan berlaku hingga tanggal 6 Juni 2022.

Dirjen Bina Adwil Safrizal menyampaikan bahwa evaluasi PPKM yang dilaksanakan setiap 2 minggu ini menunjukkan kondisi yang semakin membaik.

” Kita lihat data perubahan jumlah daerah pada setiap level PPKM baik di Jawa Bali dan di Luar Jawa Bali menunjukkan kondisi yang semakin membaik, dengan meningkatkan jumlah daerah yang berada di Level 1, termasuk Jabodetabek.” Pungkas Safrizal.

Kondisi yang semakin baik seperti yang diutarakan Safrizal tadi memang terlihat dengan perubahan jumlah daerah yang berada di setiap level.

Untuk wilayah Jawa dan Bali, jumlah daerah yang berada di Level 1 mengalami peningkatan dari yang semula 11 daerah menjadi 41 daerah. Sedangkan daerah pada Level 2 mengalami penurunan dari yang semula 116 daerah menjadi 86 daerah, dan daerah di Level 3 tetap berjumlah 1 daerah (Kab. Pemekasan), serta tidak ada daerah di Level 4.

BACA JUGA  Tanjabbar Tak Diundang Soal Tapal Batas, Kemendagri Bantah Rugikan Tanjabbar !!

Perpanjangan PPKM di Luar Jawa Bali juga memiliki kondisi yang sama, yaitu naiknya jumlah daerah yang berada di Level 1 dari yang semula 88 daerah menjadi 170 daerah. Sedangkan penurunan terjadi pada jumlah daerah di Level 2 dari yang semula 276 daerah menjadi 196 daerah, dan penurunan jumlah daerah di Level 3 dari yang semula 22 daerah menjadi 20 daerah.

” Kita terus berharap agar kondisi ini tetap terus berlanjut, walaupun pemerintah telah melonggarkan penggunaan masker khususnya di ruang terbuka yang tidak padat orang. Namun bagi kelompok rentan, lansia, yang memiliki komorbid, serta masyarakat yang memiliki gejala batuk dan pilek untuk tetap menggunakan masker saat beraktivitas.” Ungkap Safrizal ZA

BACA JUGA  Libatkan Masyarakat, Pemerintah gelar Konsultasi Publik Penyusunan Peraturan Pelaksana UU IKN

Selain itu, khusus dalam pengaturan PPKM di Luar Jawa Bali, terdapat penambahan pengaturan terkait dengan jam operasional restoran/rumah makan dan kafe yang mulai beroperasi pada malam hari. Untuk Level 1, mereka dapat beroperasi hingga pukul 02.00 dengan kapasitas 100%, Sedangkan untuk daerah yang berada di Level 2, dapat beroperasi sampai dengan pukul 02.00 dengan kapasitas kapasitas 75%, dan daerah dengan status Level 3 dapat beroperasi hingga pukul 00.00 dengan kapasitas pengunjung hanya 25%.

Safrizal tetap menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak euforia dengan pelonggaran penggunaan masker, yang dapat berakibat pada naiknya kembali kasus covid19.

” Pelonggaran dalam hal penggunaan masker yang diberikan pemerintah tentu tidak perlu menjadi euforia, melainkan tetap menjadi warning bagi kita semua untuk terus waspada. Pemerintah Daerah tetap terus melaksanakan monitoring pelaksanaan protokol kesehatan khususnya di tempat-tempat keramaian, agar pandemi ini dapat segera kita lewati.” Tukasnya.(red)

Share :

Baca Juga

Kemendagri

PPKM luar Jawa Dan Bali Diperpanjang, Pembelajaran Tatap Muka Diatur Kembali

Kemendagri

Pasca Lebaran, PPKM Jawa-Bali & Luar Jawa-Bali Diperpanjang

Kemendagri

Serahkan Penghargaan Karya Bhakti, Dirjen Bina Adwil Soroti Keberhasilan Walikota Medan

Kemendagri

Peningkatan Kapasitas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Jadi Agenda Penting Dilaksanakan Bersama

Kemendagri

PPKM Diperpanjang, Status Level 2 Kembali Naik

Kemendagri

Jelang Arus Mudik, Pemda Diminta Percepat Vaksin Booster

Kemendagri

Wajah Indonesia Menghijau Di Perpanjangan Inmendagri

Kemendagri

Tanjabbar Tak Diundang Soal Tapal Batas, Kemendagri Bantah Rugikan Tanjabbar !!