Bupati Nonjobkan Arif Sambudi, Hilman Gantikan Polres Tanjabbar Gelar Vaksinasi Massal Di Jajaran Polsek Muklis : Saya Sudah Rasakan Posisi Paling Bawah dan Buat Kopi Untuk Atasan Cabup Muklis Konsolidasi di Sejumlah Posko Relawan Masalah Sosial Dan Ekonomi Jadi Sasaran Utama Diselesaikan

Home / Pesona Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 - 16:33 WIB

Ini Konsep 3 In 1 Ala Muklis Untuk Kopi Liberika

H.Muklis : Menikmati Kopi Liberika Saat Matahari Tenggelam Ditepi Laut, Sambil Mendengarkan Alunan Musik Melayu.

KUALATUNGKALJAMBIVALEN.COM- Drs. H. Muklis, M.Si punya konsep dan solusi ringan yang nyaris tanpa biaya untuk pengembangan dan promosi produk andalan daerah, Kopi Liberika Tungkal Komposit. Direktur Sarana Dan Prasarana Desa Kementerian Desa RI itu mengaku sangat ‘greget’ dengan geliat kopi yang merupakan nenek moyangnya berbagai jenis kopi yang ada di dunia itu terkesan masih jalan di tempat. Menurutnya sebagai komoditi potensial desa, kopi liberika harus mampu di lipatgandakan nilai tambahnya. Akses teknologi, akses modal dan akses pasar harus di fasilitasi.

BACA JUGA  APFI Tanjabbar Gelar Lomba Fotografi Arakan Sahur.

Muklis pun menawarkan konsep 3 In 1 yang sepenuhnya merupakan kombinasi kearifan lokal dengan memanfaatkan nilai-nilai tradisi, budaya termasuk potensi wisata yang sudah ada di Bumi Serengkuh Dayung Serentak Ke Tujuan.

Caranya lanjut muklis, harus ada agenda tahunan terhadap komoditi potensial itu. Misalnya dengan festival kopi.

“ Festival kopi ini nantinya sekaligus pencanangan Hari Kopi. Kita cari dan temukan dulu kapan waktu di mulainya komoditi liberika ini menjadi usaha masyarakat. Nah, tanggal dan bulannya itu lah yang akan kita canangkan sebagai hari kopi liberika tungkal komposit, ” Ujar Mantan Sekda Tanjabbar ini.

BACA JUGA  Raden Tavip Dinobatkan Sebagai Ketua Raden Melayu Jambi

Konsep 3 In 1 yang di tawarkan muklis sebenarnya sangat sederhana. Komoditi kopi liberika di upayakan menjadi objek wisata yang di kemas dalam event wisata tahunan festival kopi. Festival dimaksud katanya bisa di pusatkan di Water Front City kuala tungkal serta di isi dengan penampilan seni musik melayu tanjabbar yang punya cita rasa tinggi. Tiga potensi ini bisa diintegrasikan menjadi konsep 3 in 1 dalam satu paket wisata.

“ Menikmati kopi liberika saat matahari tenggelam di tepi laut sambil mendengarkan alunan musik melayu. Indah, fantastis dan erotis. Itulah tanjab barat, ” tukasnya.(*)

Share :

Baca Juga

Pesona Indonesia

APFI Tanjabbar Gelar Lomba Fotografi Arakan Sahur.

Pesona Indonesia

Raden Tavip Dinobatkan Sebagai Ketua Raden Melayu Jambi