Bupati Nonjobkan Arif Sambudi, Hilman Gantikan Polres Tanjabbar Gelar Vaksinasi Massal Di Jajaran Polsek Muklis : Saya Sudah Rasakan Posisi Paling Bawah dan Buat Kopi Untuk Atasan Cabup Muklis Konsolidasi di Sejumlah Posko Relawan Masalah Sosial Dan Ekonomi Jadi Sasaran Utama Diselesaikan

Home / JAMBI TERKINI

Sabtu, 13 Juli 2019 - 18:46 WIB

Hebat…! Masuk 74 Pemimpin Kota Terpilih, Walikota Fasha Hadiri World Cities Summit 2019

JAMBI – JAMBIVALEN.COM- Walikota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME, termasuk dalam 74 pemimpin kota terpilih yang diundang dalam pertemuan kota-kota dunia “World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) 2019” yang berlangsung di Medellin, Kolombia.

Puncak acara yang berlangsung di Plaza Conventions and Exhibitions, Medellin, Kolombia itu berlangsung dari tanggal 10 hingga 14 Juli 2019.

Kabag Humas Kota Jambi, Abu Bakar mengatakan, Wali Kota Jambi Syarif Fasha selain akan mengikuti diskusi tentang permasalahan penataan kawasan perkotaan, climate change dan isu global lainnya, juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan para pemimpin kota dunia lainnya.

“Walikota Jambi akan turut hadir dalam high-level event, dalam acara itu akan dibahas
best practice tentang penataan kawasan-kawasan perkotaan, kawasan kumuh yang diubah menjadi kawasan eco wisata dan kawasan terpadu. Selain itu, Walikota Jambi juga direncanakan akan melakukan pertemuan bilateral dengan para Walikota dunia lainnya,” terang Abu Bakar.

Menurutnya, forum tersebut merupakan forum yang sangat penting dan berharga untuk mendapatkan gagasan dari para Pemimpin Kota di seluruh dunia, terkait pemahaman yang lebih baik untuk pembangunan kota yang berkelanjutan, serta melakukan perencanaan dan pengembangan masalah perkotaan.

Dia juga menambahkan, keikutsertaan Walikota Jambi dalam forum itu, merupakan sebuah prestasi yang membanggakan, karena kota Jambi masuk 74 kota penting didunia dalam forum WCSMF tersebut.

“Ini sebuah prestasi yang membanggakan, karena kota Jambi mendapat kehormatan menjadi 1 dari 74 pemimpin kota dari seluruh dunia yang diundang dalam pertemuan itu. Keikutsertaan Walikota Jambi dalam forum itu juga akan turut meningkatkan pengaruh dan posisi kota Jambi diantara kota-kota dunia lainnya,” jelas Abu Bakar.

BACA JUGA  HANI 2019, Fasha Kukuhkan Relawan Anti Narkoba Kelurahan Bersinar

Abu Bakar menjelaskan, dalam forum itu, Walikota Jambi juga akan bicara tentang program unggulan dibidang pemberdayaan dan partisipasi masyarakat, Kampung Bantar dan Bangkit Berdaya yang telah menjadi role model. Menurut Abu Bakar, program Bangkit Berdaya turut menarik perhatian dunia, karena program prestisius itu telah menjadi role model dunia yang membawa kota Jambi meraih penghargaan Internasional karena sukses menggerakan partisipasi masyarakat perkotaan dalam pembangunan.

“Bangkit Berdaya, menarik untuk diangkat dalam forum dunia, karena inovasi Bangkit Berdaya itu diakui mampu menjadi solusi pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan perkotaan. Program inspiratif pak Walikota Syarif Fasha itu juga telah mendapat pengakuan internasional yang ditandai dengan diterimanya penghargaan IOPD (International Observatory on Participatory Democracy-red) Awards Recognition, yang berlangsung di Montreal Quebec Kanada, 2017 lalu. Penghargaan itu juga sekaligus menempatkan Kota Jambi sebagai 30 besar kota terbaik dari 7000 kabupaten/kota di dunia yang memiliki inovasi sosial inspiratif, yang mengedepankan peran serta dan partisipasi komunitas masyarakat,” jelasnya lagi.

Sementara itu, Walikota Jambi Syarif Fasha dalam vlognya (video pendek-red) yang direlease ke media kemarin, Jumat (11/7), mengatakan kehadirannya di World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) Ke-10 di Medellin, Kolombia tersebut akan membicarakan best practice penataan kawasan-kawasan perkotaan.

“Disini kami berdiskusi terkait bagaimana penataan kawasan-kawasan kumuh dan kawasan yang diubah menjadi kawasan eco wisata maupun kawasan yang terpadu nantinya. Nah, Kota Jambi menyampaikan kondisi kawasan kumuh yang sudah disulap melalui program Kampung Bantar, Bangkit Berdaya, maupun program Kota Kumuh yang dibantu oleh pemerintah pusat. Kegiatan ini dilaksanakan 2 tahun sekali di kota-kota dunia, dan kota Jambi tergabung sebagai salah satu kota dunia dalam World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) ini,” tutur Fasha melalui vlognya yang diunggah dari Medellin, Kolombia.

BACA JUGA  Soal Fasha Maju Pilgub Jambi, Ini Kata Tomas Tanjabbar

Fasha juga berharap, suatu saat kota Jambi bisa menjadi tuan rumah pertemuan kota-kota dunia tersebut.

“Mudah-mudahan kedepan nanti suatu saat kota Jambi menjadi tuan rumah dalam World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) kedepan nantinya,” pungkas Fasha, mengakhiri vlognya.

Fasha juga merelease foto-foto kegiatannya pada forum WCSMF 2019 itu. Dalam salah satu foto, tampak Fasha sedang berbincang dengan Walikota Medellin Federico Gutiérrez. Selain itu, Fasha juga tampak akrab bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang juga turut hadir dan menjadi pembicara dalam forum WCSMF tersebut. Selain itu juga tampak foto-foto saat Walikota Syarif Fasha diwawancarai sejumlah awak media diantara sesi kegaiatan tersebut. Pada foto lainnya juga tampak Walikota Jambi itu mengkuti sesi foto bersama sejumlah pemimpin kota-kota dunia.

Forum WCSMF ke 10 tahun ini yang berlangsung di Kolombia, merupakan forum tahunan yang dihadiri oleh 74 pemimpin kota terpilih. Dalam acara itu ada presentasi, fokus diskusi dan tinjauan lapangan.

Diharapkan kehadiran kota Jambi dalam forum dunia tersebut, dapat bermanfaat dalam menerapkan solusi penataan kawasan kota Jambi kedepan. (*)

Share :

Baca Juga

JAMBI TERKINI

Beri Materi Diklatpim III, Fasha Tularkan Virus Kepemimpinan Visioner

JAMBI TERKINI

Atlet Dayung Kota Jambi Wakili Indonesia Di Kejuaraan Lomba Perahu Naga Di Ping Nan Guangxi Tiongkok

JAMBI TERKINI

Polres Tanjabbar Amankan 18 Tersangka Narkoba dan Barang Bukti Sabu 190 Gram

JAMBI TERKINI

Muscab HIPMI, Budi Setiawan Terpilih Secara Aklamasi

JAMBI TERKINI

Merintis Dari Bawah, Mengenal Lebih Dekat Figur Sy Fasha

JAMBI TERKINI

Walikota Fasha Apresiasi Kinerja Kejaksaan Kawal Pembangunan Kota Jambi

JAMBI TERKINI

Canggih, Wali Kota Jambi Sidak Kehadiran ASN dari Ruang City Operation Center

JAMBI TERKINI

Pastikan Pembangunan Sesuai Target, Wali Kota Fasha Tinjau TPA Talang Gulo