Muklis : Saya Sudah Rasakan Posisi Paling Bawah dan Buat Kopi Untuk Atasan Cabup Muklis Konsolidasi di Sejumlah Posko Relawan Masalah Sosial Dan Ekonomi Jadi Sasaran Utama Diselesaikan Dikasih Makan Tak Wajar, Pasien Positif Covid 19 Juga Pertanyakan Hasil Uji Swab Sebelum Pensiun, Muklis Sudah Masukan Master Plan Pengembangan Kawasan Pelabuhan Serdang Dan Tungkal Ulu ke Kementerian Perhubungan

Home / Advertorial

Senin, 10 Agustus 2020 - 13:16 WIB

Kado Terindah HUT Tanjabbar Ke 55 Tahun 2020, Angka Kemiskinan Dan Oligarki Kekuasaan

KUALATUNGKAL- 10 Agustus 2020 Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat) berusia 55 tahun. Diusianya setengah abad lebih, sejatinya Tanjab Barat menjadi daerah maju diatas rata-rata Kabupaten lain di provinsi Jambi.

Faktanya tidak demikian, justru Tanjab Barat menjadi daerah terbelakang, bahkan makin terpuruk dimana angka kemiskinan belum berhasil dibendung selama lima tahun terakhir kepemimpinan Safrial-Amir Sakib.

Dari data penerima bantuan covid 19 tahun 2020, tercatat ada 21 ribu KK penduduk miskin di Tanjab Barat yang menerima bantuan. Jumlah tersebut jika dibanding dengan data BPS tahun 2017, angka kemiskinan tercatat 30.723 jiwa.

Artinya secara logika jumlah 21 ribu KK rakyat miskin penerima bantuan dikali empat jiwa per KK, maka jumlah rakyat miskin di Tanjab Barat tembus diangkat 84 ribu jiwa. Capaian tingkat kemiskinan hampir seperempat dari total penduduk Tanjab Barat sebanyak 304.899 jiwa.

Target pengentasan kemiskinan Tanjab Barat sebenarkan sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) lima tahun kepemimpinan Safrial. Namun target itu agaknya gagal dimana masa jabatan Safrial tinggal menghitung hari, rasanya sulit mebalik keadaan.

BACA JUGA  Dukungan Untuk Datuk Hamsah Terus " Menguat "

“Target dalam RPJMD adalah 8.000 KK untuk pengurangan rakyat miskin. Dari pandangan saya tidak akan tercapai, malah rakyat miskin terus bertambah,” ujar Ketua Fraksi PKB, M Zaki.

Bahkan menurutnya, rakyat miskin penerima bantuan covid belum lama ini otomatis penduduk miskin karena menyasar secara kolektif. “21 ribu KK secara otomatis menjadi penduduk miskin,” bebernya.

Ditengah angka kemiskinan meningkat, Bupati Tanjab Barat, Safrial MS sepertinya kehilangan akal untuk membawa “bumi serengkuh datung serentak ke tujuan” keluar dari jurang dua besar termiskin di Provinsi Jambi setelah kabupaten tetangga Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Malah disisa jabatannya, Safrial terlihat kurang fokus memperbaiki keadaan, Safrial cenderung mengedepankan oligarki kekuasaan. Konsentrasinya terpecah atas keikutsertaannya menuju gelanggang Pilkada Gubernur Jambi tahun 2020.

Tidak hanya itu, Bupati Tanjab Barat dua periode itu kini juga mendorong istrinya Cici Halimah untuk untuk bertarung pemilihan Bupati Tanjab Barat periode 2021-2024. Kabarnya, Partai Golkar digadang-gadang sebagai perahu Cici Halimah untuk meneruskan tongkat kepemimpinan sang suami.

BACA JUGA  Pengaruh Gadget Terhadap Anak, LPAI Jambi Gandeng APIK Psychology Consulting.

Oligarki kekuasaan sepertinya bukan hanya istri yang didorong untuk menjadi calon Bupati, Safrial juga memiliki adik kandung yang kini menjabat sebagai Ketua DPRD Tanjab Barat, Mulyani Siregar.

Mulyani Siregar sudah hampir dipastikan disokong partai PDI-Perjuangan yang memiliki delapan kursi di DPRD Tanjab Barat. Oligarki kekuasaan yang diciptakan Safrial mendapat tanggapan dari pengamat politik dosen UIN Jambi,Dr Dedek Kusnadi.

Katanya, secara aturan oligarksi kekuasaan atau dinasti politik tidak salah. Hanya saja kata dia ini menyangkut etika dalam berpolitik. Namun jika dikaitkan dengan menonjolnya angka kemiskinan di Tanjab Barat, biarlah masyarakat yang menilai itu semua.

“Pandangan saya dinasti politik kurang pas. Etika politiknya perlu dipertanyakan, sementara angka kemiskinan di Tanjab Barat meningkat,” jelasnya. (red)

Share :

Baca Juga

Advertorial

3 Nama Bersaing Rebut Kursi Ketua Gapensi Tanjabbar

Advertorial

Musorkab KONI Tanjabbar 2020 Resmi Dibuka

Advertorial

Dukungan Untuk Datuk Hamsah Terus ” Menguat “

Advertorial

Indra Bayu Pimpin RT 23 Tungkal II

Advertorial

Tekuk Polresta Jambi, Tim Volli Putri Muarojambi Melaju Ke Final Kapolda Cup 2019

Advertorial

Tanjabbar Raih Peringkat 2 Kejurda Catur 2019 Di Kerinci

Advertorial

Pasar KEJUT Pasarnya Anak Muda Modern Akan Hadir Di KUALATUNGKAL

Advertorial

Penyajian Alat Bukti Penanganan Masalah, KPU Tanjabbar Raih Peringkat 3 Nasional